Usai Mundur, Mantan Wakil Presiden Barcelona Beberkan Dugaan Korupsi di Camp Nou


GO1news.com | Enam anggota dewan direksi Barcelona yang mengundurkan diri Jumat (10/4/2020) kemarin atau Kamis malam waktu setempat menyisakan masalah. Salah satu dari mereka, Emili Rousaud membeberkan dugaan korupsi Camp Nou.

Seperti diberitakan sebelumnya, dua Wakil presiden Emili Rousaud dan Enrique Tombas, dan empat direktur Silvio Elias, Maria Teixidor, Josep Pont dan Jordi Calsamiglia menandatangani surat pengunduran diri bersama kemarin.

Setelah itu, Rousaud kemudian memberikan wawancara di stasiun radio Catalan RAC1 pada hari Jumat di mana ia menyebut ada oknum di Barcelona yang terlibat korupsi.

Pengunduran diri enam anggota direksi itu adalah episode terbaru dalam skandal yang muncul pada bulan Januari ketika terungkap sebuah perusahaan bernama I3 Ventures, disewa untuk memantau liputan Barcelona di media sosial, memiliki tautan ke akun media sosial yang menghasilkan cerita negatif tentang pemain Barcelona dan lawan politik presiden Josep Maria Bartomeu.

Penyelidikan internal berikutnya mempertanyakan mengapa I3 Ventures telah dibayar 1 juta euro (Rp1,6 triliun dan mengapa pembayaran tersebut dipecah menjadi faktur yang cukup kecil sehingga awalnya tidak memerlukan audit internal.

“Jika auditor memberi tahu kami bahwa biaya layanan ini (I3 Ventures) adalah 100.000 euro dan kami membayar satu juta, maka seseorang mengambil uang di kasir,” kata Rousaud kepada RAC1, dikutip Pojoksatu.id dari The World Game.

“Saya tidak punya bukti dan tidak bisa mengatakan siapa. Kontrak ini telah dipecah menjadi 200.000 euro sehingga tidak harus melalui komisi kontrol,” bebernya.

Enam anggota dewan direksi yang mundur itu diketahui memang ‘rival’ Bartomeu dalam jajaran petinggi Barca. Tapi dalam wawancara tersebut, Rousaud tidak menyebut nama yang dianggapnya otak di balik skandal tersebut.

Terkhusus Rousaud, ia disebut-sebut sebagai salah satu kandidat yang akan maju pada pemilihan presiden Barcelona berikutnya.

Bartomeu sendiri sebenarnya tidak bisa ikut bersaing dalam kontestasi karena sudah dua priode menjabat. Tapi tentu Josep Maria Bartomeu punya ‘orang’ untuk diusung maju dalam pemilihan. (pjk)

LihatTutupKomentar