Malaysia Menciptakan Robot Untuk Periksa Pasien Positif Corona (COVID-19)


GO1news, Malaysia menciptakan robot khusus untuk memeriksa pasien positif corona (COVID-19). Robot ini disebut "Medibot".

Dilansir dari AFP, Medibot berbentuk tong, setinggi 1,5 meter. Ia dilengkapi dengan kamera dan layar tempat pasien dapat berkomunikasi jarak jauh dengan petugas medis.

Robot ini dibuat oleh ilmuwan di International Islamic University Malaysia. Ia juga dilengkapi dengan alat pemeriksa suhu pasien dari jarak jauh.

Anggota tim pembuat robot, Zulkifli Zainal Abidin mengatakan Medibot bisa mengurangi risiko infeksi pekerja kesehatan. "Perawat dan dokter bisa bekerja dengan jarak sosial," ujarnya dikutip AFP.

Universitas mengeluarkan 15 ribu ringgit (US$ 3.500) untuk pengembangannya. Pengujian akan dilakukan dalam waktu dekat di rumah sakit milik kampus.

Jika berhasil, ilmuwan berharap Medibot bisa digunakan di rumah sakit pemerintah. Malaysia kini mencatat 4.683 kasus corona, dengan 76 kematian dan 2.108 sembuh.

Malaysia bukan negara pertama yang membuat robot untuk menangani pasien corona. Thailand, Italia dan Israel juga melakukan hal serupa. CNBC

LihatTutupKomentar