-->

Hoaxbuster: Tidak Ada Angin Utara yang Bawa Wabah di Indonesia

Go1News.com-Pesan berantai menyebar melalui WhatsApp. Isinya mengingatkan agar masyarakat tidak ke luar rumah selama tiga hari karena akan ada angin Utara ke Selatan yang membawa wabah melewati Indonesia.


Hal itu dibantah oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Plt Deputi Bidang Meteorologi Herizal mengatakan informasi tersebut hoaks. 

Isi dari pesan itu juga tidak jelas sumbernya.

"Informasi yang menyatakan akan ada angin utara menuju selatan membawa wabah penyakit, hal tersebut dapat dipastikan bukan berasal dari BMKG dan isi informasi tersebut hoax serta tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Herizal dalam keterangannya, Jumat (10/4).

Herizal menjelaskan saat ini Indonesia masuk peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Maka itu sirkulasi angin tidak didominasi angin dari utara.

"BMKG menegaskan bahwa saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang berada pada peralihan musim hujan menuju musim kemarau sehingga sirkulasi angin tidak lagi di dominasi angin dari utara (dari Benua Asia)," kata Herizal.

"Bahkan di beberapa wilayah di bagian selatan Indonesia kini sudah mulai berhembus angin dari timur - selatan (dari Benua Australia)" tambah Herizal.

Herizal meminta agar masyarakat tidak mudah percaya dengan pesan yang tersebar tanpa sumber yang jelas.

Ia mengatakan masyarakat dapat mengakses website BMKG di www.bmkg.go.id atau akun media sosial BMKG di @infobmkg untuk memperoleh informasi yang tepat."Atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat," (kumparan)

LihatTutupKomentar