-->

Anies: Hari Pertama PSBB Jakarta, 40 Ribu KK Sudah Dapat Bantuan


GO1news.com | Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, pemprov sudah menyalurkan bantuan untuk keluarga yang terdampak penyebaran virus corona covid-19.

Pada hari pertama penerapan pembatasan sosial berskala besar alias PSBB, Jumat (10/4/2020), sudah ada 40.000 kepala keluarga (KK) yang mendapatkan bantuan.

Bantuan itu disalurkan kepada berbagai kelurahan di Jakarta. Anies mengatakan, pihaknya memberikan paket bantuan itu kepada 20.000 KK setiap harinya.

"Jadi kami memberikan kira-kira 20.000 paket kebutuhan pokok per hari. Untuk 20.000 KK," kata Anies.

Ia mengatakan, pemberian bantuan itu sudah dimulai sejak Kamis (9/10), atau sehari sebelum penerapan PSBB.

"Kemarin sudah mendistribusikannya ke Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara. Jumlahnya juga sama, yakni 20.000 paket bantuan," kata dia.

Sementara hari ini,  bantuan disalurkan ke dua Kelurahan yakni Kelurahan Jatinegara dan Cililitan, Jakarta Timur dengan jumlah yang sama.

Karena itu, totalnya sampai sekarang ia sudah memberikan 40.000 paket bantuan.

Ia mengatakan, pemberian akan dilakukan secara bertahap setiap harinya. Targetnya 1,2 juta KK yang tersebar di berbagai Kelurahan akan selesai menerima bantuan ini pada 18 April mendatang.

"Nanti totalnya akan ada 1,2 juta. Sekarang ini 20.000 dan kemarin."

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta telah melakukan distribusi bansos saat PSBB. Hari ini, Jumat (10/4/2020) merupakan hari kedua penyaluran bantuan.

Ketua II Gugus Tugas Covid-19 DKI Catur Laswanto mengatakan ada tujuh barang yang didistribusikan ke masyarakat. Penerimanya adalah masyarakat yang tergolong miskin dan rentan miskin.

"Bantuan yang diberikan berupa paket komoditas bahan pangan pokok; beras 5 kg 1 karung, sarden 2 kaleng kecil, minyak goreng 0,9 liter 1 pouch, biskuit 2 bungkus, masker kain 2 helai, dan sabun mandi 2 batang," ujar Catur.

Tak ketinggalan, dalam paket bantuan itu, diselipkan juga sepucuk surat dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pemberian surat ini juga pernah dilakukan Anies untuk para tenaga medis yang diinapkan di hotel.

"Dan surat dari Gubernur Provinsi DKI Jakarta," jelasnya. (sua)

LihatTutupKomentar